Yuk Menanam Biji Lerak, Sabun Cuci Ramah Lingkungan

buah lerak/rarak/klerak

sudah sering dengar tentang sabun lerak? sabun ini kian digemari karena ramah lingkungan. Kandungan saponin pada tanaman lerak terutama buahnya, menjadi alternatif terbaik sebagai sabun multiguna: sabun pembersih lantai, sabun cuci piring, sabun cuci baju, dan lain-lain.

Kenapa Sabun Lerak?

Sabun ini akan menggantikan peranan sabun kimia yang sering di pakai oleh masyarakat Indonesia. Morfologi lerak sendiri berupa semak atau pohon yang tumbuh di daerah temperate dan tropical. Ia bersifat evergreen atau deciduous. Tata daun alternate atau bersilangan dan buahnya berbentuk drupe yang berisi satu hingga tiga bakal biji. Lerak termasuk suku Sapindaceae dengan jenis yang beragam, akan tetapi ada dua spesies asli Asia Tenggara di antaranya : Sapindus rarak DC dan Sapindus emarginatus Vahl. (Quattrocchi, 2000).

Di Indonesia, nenek moyang dulu sudah dekat dengan tanaman lerak ini. Buahnya, dimanfaatkan sebagai sabun cuci rambut untuk keramas juga sabun cuci baju. Seiring berjalannya waktu, dibuatlah sabun kimia sintesis yang lebih murah harga produksinya. Tentu, diiringi pula dengan iklan dan slogan menggiurkan dari yang efektif bersihkan noda, busa yang banyak, dll, sehingga sabun lerak tergantikan posisinya. Padahal residu dari sabun sintesis kimia menjadikan lingkungan terutama perairan semakin tidak bersahabat. Seperti bisa kita lihat dari banyaknya gelembung putih busa di kolam/kali di sekitar kita, atau ikan-ikan yang tak lagi mudah ditemukan di perairan.

Tidak hanya bagi lingkungan, buah lerak diklaim ramah pada serat kain pakaian. Hal ini menjadikanb, sabun lerak masih kian digemari oleh pengguna pakaian batik. Kain batik agar tidak mudah pudar, dicuci menggunakan sabun lerak. Dari hal ini, penggunaan serupa untuk pencucian popok kain seperti clodi (cloth diaper). Residu sabun lerak lebih minim ketimbang sabun deterjen pada umumnya. Sehingga diyakini bahwa popok kain agar daya resapnya tetap terjaga, dianjurkan menggunakan sabun lerak. Dari penelitian kedokteran gigi, disebutkan bahwa sabun lerak sebagai foaming agent pasta gigi, menjadi alternatif terbaik daripada penggunaan SLS. Museum-museum pun masih banyak yang menggunakan sabun cuci lerak sebagai perawatan benda-benda logam bersejarah. Kabar baiknya, banyak pula yang membuktikan bahwa sabun lerak lebih ramah di kulit tangan terutama bagi kulit tangan yang sensisitif. 

Yuk Tanam Lerak!

memisahkan biji dari daging buah lerak

  1. Untuk memulai tanam lerak, kita bisa terlebih dahulu mencari buah lerak. Kita bisa temukan buah lerak di marketplace online. Hubungi penjual dan berikan pesan bahwa kita menginginkan buah lerak yang fresh/baru panen. Biji buah lerak termasuk relaksitan sehingga jika disimpan kemampuan daya tumbuh biji akan hilang.
  2. Jika sudah mendapat buah lerak, pisahkan buah dan bijinya. Buah lerak memiliki tekstur agak lengket dan cukup keras. Untuk mengambil bijinya, robek daging buah dengan pisau atau gunting tajam. Jika masih kesulitan, dapat rendam dulu buah ke dalam air selama semalam agar daging menjadi lebih lunak.
  3. Segera tanam biji pada media tanah. Jangan terlalu dalam atau cukup dikedalaman 1-2 cm.
  4. Sekitar 3-4 minggu biji akan mulai berkecambah.

setelah 18 hari biji lerak mulai berkecambah

Mudah bukan? Sekarang kita bisa memanfaatkan pula daging buahnya sebagai sabun organik ramah lingkungan.

Cara Membuat Sabun Lerak

  1. rebus 1 kg buah lerak dalam 5 liter air sampai mendidih. lalu diamkan sampai hangat kuku. remas-remas daging buahnya.
  2. hasil rebusan bisa kita simpan. 1 tutup botol rebusan lerak bisa dilarutkan dalam 1 liter air saat akan digunakan.
  3. sisa remasan daging buah lerak dapat dimasukkan pada kantung/pouch berbahan blacu/kanvas yang kemudian diletakkan pada mesin cuci. gunakan sampai lerak tidak mengeluarkan busa lagi.
  4. jika merasa kurang nyaman dengan aroma lerak, untk sabun cuci piring bisa kita campurkan kulit jeruk, atau pada mesin cuci bisa ditambahkan essense alami sereh atau lainnya.
  5. beberapa praktisi mencampurkan sereh dan kulit jeruk dalam rebusan lerak agar aroma lerak tidak terlalu menyengat.

Benihbunbun punya produknya juga loh, dan kamu bisa checkout langsung di website ini:

Sale!

Sabun Cair Lerak 1 liter

Rp25.000

Description

Referensi: https://benihbunbun.com/menanam-biji-lerak-sabun-ramah-lingkungan/ Detail: larutkan 5 tutup botol sabun kedalam 500 ml air ketika akan digunakan, untuk memperpanjang expired, rebus kembali sabun lerak dengan api kecil lalu bisa tambahkan aroma wewangian organik seperti kulit jeruk, sereh, atau pandan.  

Additional information

Weight 1,2 kg

Lihat produk benihbunbun lainnya dengan cara klik tombol dibawah ini:

Layanan konsultasi

Setiap pembelian produk benihbunbun maka akan mendapatkan fasilitas konsultasi tanam menanam dengan tim ahli kami

Kontak kami

Camp Garden Benihbunbun
Kampung Areng, Desa Wangunsari, Lembang, Bandung Barat – Jawa Barat – Indonesia

IMG_20201224_083032

1 thought on “Yuk Menanam Biji Lerak, Sabun Cuci Ramah Lingkungan”

  1. Pingback: Lerak sabun cuci ramah lingkungan – MoMenanam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *