Tentang kami

Ada yang menarik dari keinginan tak ingin menjadi sia-sia. Bagi kami, menjadi sia-sia hanyalah ungkapan karena belum ada rasa keinginan untuk membuatnya jadi lebih bermanfaat. Dari sinilah akhirnya, benihbunbun hadir.

Action
Bermula dari melihat aktivitas revisian mahasiswa dalam membuat tugas akhir, kertas bekas pun menumpuk di pojok kamar kosan. Belum lagi ketika berada di TPA, sampah kertas masih banyak belum terpisah dengan baik sehingga bercampur baru dengan jenis sampah lainnya. Akhirnya, sembari kami mengumpulkan kertas bekas, kami olah kertas tersebut menjadi kertas daur ulang yang kemudian bisa dimanfaatkan dengan nilai lebih dapat kembali ke tanah dengan baik. Karena kertas daur ulang kami diolah menjadi kertas yang dapat ditanam atau disebut Kertas Benih.

Development
Selain memanfaatkan sampah kertas bekas, kami mencoba mengolah dan memodifikasi bahan produksi lainnya seperti pensil. Seperti yang telah diketahui bahwa pensil memiliki masa habis pakai. Sehingga ketika pensil memendek dan tak dapat dipakai lagi, pensil akan di buang ke tempat sampah dan lagi-lagi bercampur dengan jenis sampah lainnya. Dengan harapan adanya edukasi dan berprinsip sustainable, kami olah pensil pada umumnya menjadi pensil yang berakhir ditanam dan dapat terurai di tanah.

Empowerment
Benihbunbun ingin membawa manfaat lebih untuk masyarakat di sekitar rumah produksi. Saat ini, secara bertahap kami mengajak Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk ikut berpartisipasi dalam pengolahan dan pengelolaan untuk memenuhi kebutuhan produksi. Seperti: memilah sampah dan mengumpulkan kertas bekas, panen dan koleksi benih, dan lain-lain.

Produk
Saat ini, produk yang kami buat masih terbatas untuk kebutuhan souvenir dan craft. Dengan skala rumah produksi ini, semoga kedepannya dapat berkembang lebih luas dan semakin banyak yang dapat merasakan manfaatnya.

Education
Tak hanya membuat produk, kami juga mengedukasi dalam bentuk tulisan artikel pada website ini dan mengadakan worksop/training. Banyak hal yang ingin kami sampaikan. Setiap pengalaman yang kami alami dan temui, akan kami sharing dan ceritakan di media sosial kami.

AZIFAH

FOUNDER

Ibu Rumah tangga alumnus Biologi UNPAD ini tak ingin abai dengan masalah sampah yang ada disekitarnya. Meski adanya dua buah hati, hal ini tidak membuatnya luput untuk tetap produktif dan cinta dengan lingkungan. Minimal mengelola dengan baik arus sampah yang ada di rumahnya.

TINI

TIM OPERATOR PACKING

Guru TK sekaligus pengajar ngaji di kampung kami ini dikenal dengan sebutan Ummi. Karakter ramah dan bijaknya membuat orang-orang disekitarnya senang berbagi cerita dengannya. Ketiga anaknya pun mengikuti sosok ibunya yang selalu semangat dan pantang putus asa.

DEDE

TIM PRODUKSI

Ibu pekerja keras nan gesit, membuatnya selalu senang melakukan banyak hal. Apalagi hal yang baru. Dimulai dari koleksi benih, semai dan tanam benih, pemeliharaan halaman tanaman, telah dialaminya dengan berbagai macam pengalaman menyenangkan. Adanya lima anak dan tiga cucu bukanlah jadi penghalang. Bahkan sekarang teknik pembuatan kertas benih pun ditekuninya.

Kami memiliki berbagai macam varian produk!